Minggu, 28 Juni 2015

Protap GALAKSI








PROSEDURAL TETAP (PROTAP)
GELAR LOMBA AKSI DAN KREASI (GALAKSI)
BIDANG PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN (LITBANG)
UKM KEPALANGMERAHAN KBM IAIN “SMH” BANTEN
MASA BHAKTI 2015








BAB I
PENDAHULUAN
Dalam rangka menggalang persahabatan dan kreativitas Palang Merah Se-Kota dan Kabupaten  Serang, serta melaksanakan program kerja UKM Kepalangmerahan KBM IAIN “SMH” Banten masa bhakti 2015. Kami bermaksud menyelenggarakan beragam lomba Kepalangmerahan dalam kegiatan ”Gelar Lomba Aksi dan Kreasi (GALAKSI) PMR WIRA dan Madya Se-Kota dan Kabupaten  Serang , tingkat SMP dan SMA Se-Kota dan Kabupaten Serang yang bertujuan agar para anggota Palang Merah yang berada di wilayah Kota dan Kabupaten Serang dapat menyalurkan bakat dan potensi yang ada dalam diri mereka. Selain itu juga untuk menjunjung tinggi sportifitas, dan menciptakan generasi muda yang berprestasi dan kreatif.

A.       STATUS DAN BENTUK
GALAKSI ini merupakan salah satu program kerja yang ada di bidang LITBANG, dimana acara di dalamnya merupakan perlombaan antar PMR tingkat WIRA dan MADYA Se-kota dan Kabupaten Serang, mata lomba yang akan di perlombakan yaitu Pertolongan Pertama, Cerdas Cermat, Tandu Cepat, Hasta Karya, Perawatan Keluarga, Puisi dan Broadcasting. Juri yang akan menilai di kegiatan GALAKSI tersebut merupakan juri dari perwakilan PMI Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Lebak.

B.       TUJUAN GALAKSI
Adapun tujuan dilaksankannya kegiatan GALAKSI ini dimaksudkan antara  lain sebagai berikut:
·         Mempererat silaturahmi UKM Kepalangmerahan KBM IAIN “SMH” Banten dengan Palang Merah Remaja Wira dan Madya Se-Kota dan Kabupaten Serang.
·         Meningkatkan kreatifitas, sportifas dan solidaritas anggota PMR.
·         Meningkatkan kemampuan (skill) anggota Palang Merah Remaja dalam bidang PMR.

C.        PENYELENGGARA GALAKSI
GALAKSI di selenggarakan oleh kepanitiaan yang di bentuk atas inisiatif bidang LITBANG dan di ajukan untuk mendapatkan legalitas dari Ketua Umum dan mendapatkan Surat Keputusan Kepanitiaan, serta bertanggung jawab kepada Ketua Umum Kepalangmerahan KBM IAIN “SMH” Banten.
BAB II
TAHAPAN, MATERI, TEMPAT DAN WAKTU
A.       TAHAPAN
GALAKSI ini pada tahap pelaksanaannya di sesuaikan dengan program kerja yang telah disepakati pada Rapat Kerja UKM Kepalangmerahan masa bhakti 2015, yaitu PMR tingkat WIRA dan MADYA. GALAKSI ini berlangsung sesuai prosedur petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis yang sudah di buat oleh kepanitiaan. Kegiatan ini lebih berorientasi di lapangan, karena agar kita bias memantau perkembangan PMR di tingkat WIRA dan MADYA serta melihat potensi yang ada di PMR tersebut.

B.        MATA LOMBA GALAKSI PMR WIRA DAN MADYA
1.   Pertolongan Pertama
2.   Cerdas Cermat
3.   Tandu Cepat
4.   Hasta Karya
5.   Perawatan Keluarga
6.   Puisi
7.   Mading  3D

C.        TEMPAT
Tempat pelaksanaan GALAKSI tersebut di sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi pada tahap pelaksanaan berlangsung, adapun kriteria tempat disesuaikan dan diatur oleh kepanitiaan.

D.        WAKTU
Tahap pelaksanaan GALAKSI tersebut dilakukan secara berurutan, mulai dari pemberian materi-materi terlebih dahulu kemudian pelaksanaan simulasi lapangan dilaksanakan dan di usahakan tidak mengganggu kegiatan akademik.





BAB III
SISTEM DAN PEMBAGIAN TUGAS
A.        SISTEM
Sistem GALAKSI adalah   sebagai berikut:
1.    Terbimbing, artinya seluruh kegiatan pelaksanaan menjadi tanggung jawab panitia yang mesti dilaporkan kepada Ketua Umum.
2.    Terpadu, artinya seluruh kegiatan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dan saling menunjang.
3.    Terarah, artinya semua kegiatan diarahkan untuk mencapai tujuan yang menjadi tanggungjawab bersama.
4.    Berurutan, artinya setiap tahapan harus dilakukan menurut urutan yang telah di tetapkan.
5.    Terorganisir, artinya  setiap tahapan yang  ada sudah direncanakan dengan sebaik-baiknya.

B.        TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB
Kegiatan GALAKSI ini menjadi tanggung jawab UKM Kepalangmerahan KBM IAIN “SMH” Banten yang di pegang oleh Ketua Umum dengan penjabaran sebagai berikut:
1.     Fungsi, Tugas, dan Kewajiban Panitia
a.     Merencanakan dan mengatur waktu pelaksanaan GALAKSI sesuai kebutuhan dan   mengacu kepada pedoman prosedur tetap GALAKSI.
b.     Mengatur dan menilai pelaksanaan GALAKSI secara keseluruhan untuk dijadikan bahan evaluasi dimasa yang akan datang.
2.     Tugas dan Kewajiban Panitia GALAKSI
a.     Merencanakan, menyelenggarakan, mengelola, mengendalikan, dan menilai pelaksanaan GALAKSI sebagai kegiatan tahunan yang diselenggarakan UKM Kepalangmerahan KBM IAIN “SMH” Banten.






BAB IV
PENUTUP
Alhamdulillahirobbil alamin, akhirnya kami bisa menyelesaikan buku pedoman perlombaan GALAKSI. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang terkait. Semoga buku pedoman ini bermanfaat bagi pelaksanaan kepengurusan di UKM Kepalangmerahan KBM IAIN ”SMH” Banten.
Hal-hal yang belum di atur pada buku pedoman ini akan di atur di kemudian hari atas kesepakatan bersama.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Siamo Tutti Fratelli
(Kita Semua Bersaudara)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar