Senin, 20 Januari 2014

Contoh PROTAP








PEDOMAN PROTAP JENJANG KADERISASI
PENDIDIKAN KEMASYARAKATAN KADER RELAWAN (PKKR)
UKM KEPALANGMERAHAN KBM IAIN “SMH” BANTEN
PERIODE 2014
BIDANG PEDIDIKAN DAN PELATIHAN


BAB I
PENDAHULUAN
A.   PENGERTIAN PENDIDIKAN KEMASYARAKATAN KADER RELAWAN (PKKR)
Pendidikan Kemasyarakatan Kader relawan (PKKR), program ini merupakan program jenjang kaderisasi ke-2 (dua) setelah OBAT di Bidang Diklat. PKKR ini merupakan kaderisasi yang sasarannya kepada anggota biasa yang bertujuan meningkatkan emosional anggota biasa dan menumbuhkan rasa sosial kemanusiaan pada masyarakat.
PKKR dalam pelaksanaannya mecakup tahap pembekalan peserta, yaitu peserta di berikan materi-materi dan simulasi yang menunjang dalam kemasyarakatan. Tahap pelaksanaan di masyarakat, yaitu melaksanakan program grand master yang telah di tentukan panitia, dan peserta melaksanakan kegiatan sehari-hari yang ada di masyarakat, seperti mengajar, mengikuti pengajian, gotong royong dan sebagainya.

B.   STATUS DAN BENTUK
PKKR sebagai kegiatan kaderisasi sosial kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh UKM Kepalangmerahan KBM IAIN “SMH” Banten.  Kegiatan ini merupakan tahap kaderisasi yang wajib di ikuti oleh seluruh anggota biasa UKM Kepalangmerahan yang telah lulus OBAT.

C.   TUJUAN PKKR
·   Menyatukan emosional antar anggota
·   Menanamkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sosial
·   Mensosialisasikan UKM Kepalangmerahan di lingkungan masyarakat

D.   PENYELENGGARA PKKR
PKKR di selenggarakan oleh kepanitiaan yang di bentuk atas inisiatif bidang DIKLAT dan di ajukan untuk mendapatkan legalitas dari ketua umum dan mendapatkan Surat Keputusan kepanitiaan bertanggung jawab kepada Ketua Umum Kepalangmerahan KBM IAIN “SMH” Banten.


BAB II
TAHAPAN, MATERI, TEMPAT DAN WAKTU
A.   TAHAPAN
Pendidikan Kemasyarakatan Kader Relawan (PKKR), ini dilaksanakan dalam 2(dua) tahap, tahap I meliputi pembekalan materi-materi dan simulasi yang menunjang dalam kemasyarakatan. Tahap II pelaksanaan di masyarakat, yaitu melaksanakan program grand master yang telah di tentukan panitia, dan peserta melaksanakan kegiatan sehari-hari yang ada di masyarakat, seperti mengajar, mengikuti pengajian, gotong royong dan sebagainya.

Tahap I : Pembekalan (Pemberian Materi dan Simulasi)
Kegiatan ini berisi pemberian materi – materi dan simulasi – simulasi lapangan yang menunjang kepada kegiatan di lingkungan Pendidikan Kemasyarakatan Kader Relawan (PKKR). Dalam pembekalan ini diharapkan peserta (Anggota biasa UKM Kepalangmerahan) mampu memahami materi-materi yang disampaikan karena pembekalan sangat menunjang pengetahuan peserta ketika berada di lingkungan masyarakat.

Tahap II : Pelaksanaan di masyarakat
Peserta akan dikelompokan menjadi 3 kelompok antara lain:

a. Kepemanduan
Kepemanduan disini mempunyai peran untuk mencari informasi, fakta dan data yang valid mengenai desa tersebut mulai dari peta desa, jumlah jiwa, kegiatan yang biasa dilakukan masyarakat setempat dan sebagainya. Seorang pemandu harus mampu untuk mendapatkan data dan mengkaji tentang desa tersebut, kelompok SDM dan SOSMAS tidak dapat menjalankan tugasnya secara efektif tanpa memperoleh data dari seorang pemandu.

b. Sumber Daya Manusia (SDM)
Kelompok Sumber Daya Manusia (SDM) mempunyai peran untuk melakukan kegiatan seperti belajar mengajar baik di sekolah maupun di tempat pengajian. Disini kelompok Sumber Daya Manusia membutukan informasi dari Kepemanduan, maka satu sama lain saling bekerjasama.

c.  Sosial Masyarakat (SOSMAS)
Kelompok SOSMAS ini bertugas bagaimana mensosialisasikan kegiatan – kegiatan yang akan dilaksanakan. Kelompok ini mempunyai peran penting karena kelompok ini sebagai penghubung antara peserta PKKR dan masyarakat.
Dengan dikelompokannya peserta disini agar terorganisirnya kegiatan di lingkungan masyarakat.

B.   MATERI TAHAP I (PEMBEKALAN)
1.    Pemandu Perencanaan Partisipatif dan Metode Pemandu
·         Pengertian Pemandu
·         Tugas, Peran dan Fungsi Pemandu
·         Kemampuan dan Etika Pemandu
·         Sikap-sikap Kepemanduan yang harus dimiliki oleh Pemandu

2.    Metode Kepemanduan
·         Metode yang baik yang harus dimiliki oleh seorang Pemandu

3.    Sketsa Desa dan Pengkajian Masalahnya
·         Pengertian, Tujuan Sketsa Desa
·         Hasil-hasil yang perlu di gambar dalam sketsa desa
·         Langkah-langkah membuat sketsa desa dan Jenis-Jenis sketsa desa.
·         Menggali Permasalahnya

4.    Bagan Kelembagaan dan Teknik Pengkajiannya
·         Pengertian, Tujuan, dan Jenis-jenis lembaga.
·         Hasil-hasil yang perlu di gambar dalam sketsa desa
·         Langkah-langkah Pembantu Bagan Kelembagaan
·         Teknik Pengkajian Masalah

5.    Pengelompokan Masalah, Peringkat Masalah dan Pemecahan Masalah
·         Pengertian, Ruang Lingkup, Tujuan, dan Dasar Pengelompokan Masalah, Peringkat Masalah dan Pemecahan Masalah
·         Langkah-langkah Pengelompokan Masalah, Peringkat Masalah,.
·         Manfaat Pemecahan Masalah.

6.    Pengkajian Tindakan dan Penentuan Peringkat Tindakan
·         Latar Belakang, Pengertian, dan Ruang Lingkup, dan Tujuan pengkajian tindakan
·         Langkah-langkah Pengkajian dan Penentu Peringkat Tindakan serta pengukurannya.
7.    Kalender Musiman dan Pengkajian Masalahnya
·         Latar Belakang, Pengertian, dan Tujuan di buatnya Kalender Musiman.
·         Langkah-langkah Pembuatan Kalender Musiman
·         Menggali Masalah dan Potensi dari Kalender Musiman.

8.    Sosialisasi Masyarakat
·         Latar Belakang, Pengertian, dan Tujuan Sosialisasi dalam Masyarakat
·         Metode Sosialisasi yang baik dan tepat dalam masyarakat
·         Budaya dan kultur dalam masyarakat


C.   TEMPAT
Tempat pelaksanaan Pendidikan Kemasyarakatan Kader Relawan (PKKR),  ini di sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi pada tahap pelaksanaan berlangsung, adapun kriteria tempat disesuaikan dan diatur oleh kepanitiaan.

D.   WAKTU
Kedua tahap pelaksanaan PKKR tersebut dilakukan secara berurutan, mulai dari pembekalan PKKR, dan pelaksanaan Kemasyarakatan ini dilaksanakan dan di usahakan tidak mengganggu kegiatan akademik.


BAB III
SISTEM DAN PEMBAGIAN TUGAS
A.   SISTEM
Sistem Pendidikan Kemasyarakatan Kader Relawan (PKKR) adalah:
1.    Terbimbing, artinya seluruh kegiatan pelaksanaan menjadi tanggungjawab panitia yang mesti dilaporkan kepada Ketua Umum.
2.    Terpadu, artinya seluruh kegiatan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dan saling menunjang.
3.    Terarah, artinya semua kegiatan diarahkan untuk mencapai tujuan yang menjadi tanggungjawab bersama.
4.    Berurutan, artinya setiap tahapan harus dilakukan menurut urutan yang telah di tetapkan. Tahap I (pembekalan) merupakan syarat wajib untuk mengikuti tahap II (pelaksanaan).

Untuk memudahkan pengaturan dan pelaksanaan tugas, maka peserta (anggota biasa UKM Kepalangmerahan) di bagi dalam 3(tiga) kelompok, yaitu kelompok SDM, SOSMAS dan Kepemanduan. Dalam pelaksanaan ini juga di bentuk Badan Pangurus Kelompok (BPH), yang terdiri dari Ketua kelompok, Sekretaris Kelompok dan Bendahara Kelompok.

B.   TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB
Kegiatan PKKR ini menjadi tanggungjawab UKM Kepalangmerahan KBM IAIN “SMH” Banten yang di pegang oleh Ketua Umum dengan penjabaran sebagai berikut:
1.    Fungsi, Tugas, dan Kewajiban Panitia
a.   Merencanakan dan mengatur waktu PKKR sesuai kebutuhan dan mengacu kepada pedoman prosedur tetap jenjang kaderisasi PKKR.
b.   Mengatur dan menilai pelaksanaan PKKR secara keseluruhan untuk dijadikan bahan evaluasi dimasa yang akan datang.
2.    Tugas dan Kewajiban Panitia PKKR
a.   Merencanakan, menyelenggarakan, mengelola, mengendalikan, dan menilai pelaksanaan PKKR sebagai jenjang kaderisasi ke 2(dua) di UKM Kepalangmerahan KBM IAIN “SMH” Banten.


BAB IV
PENUTUP

Alhamdulillahirobbil alamin, akhirnya kami bisa menyelesaikan buku pedoman pengkaderan PKKR. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang terkait. Semoga buku pedoman ini bermanfaat bagi pelaksanaan kepengurusan di UKM Kepalangmerahan KBM IAIN ”SMH” Banten.
Hal-hal yang belum di atur pada buku pedoman ini akan di atur di kemudian hari atas kesepakatan bersama.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Siamo Tutti Fratelli
(Kita Semua Bersaudara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar